Grup B Piala Dunia 2018 Bisa Dikuasai Portugal dan Spanyol

Spanyol VS Portugal Piala Dunia 2018

Bisa dibilang hasil pengundian grup Piala Dunia 2018 cukup merata, tidak ada yang sepenuhnya mudah ataupun berat. Hal itu juga berlaku untuk Grup B Piala Dunia 2018 yang diisi oleh tim nasional Portugal, Spanyol, Maroko, dan Iran. Namun, melihat komposisi dan performa, Portugal dan Spanyol masih menjadi unggulan.

Ada dua kesebelasan yang berhak lolos dari fase penyisihan grup di Piala Dunia 2018. Aturan yang tentunya melegakan bagi Portugal dan Spanyol karena kekuatan mereka jauh lebih oke ketimbang Maroko dan Iran. Jika hanya ada satu tim yang lolos dari penyisihan grup, tentunya sungguh sayang menyaksikan salah satu dari Portugal atau Spanyol hanya bisa sampai di fase grup.

Melihat kekuatan masing-masing tim, narasi Grup B Piala Dunia 2018 adalah tentang persaingan dua negara yang saling berduel untuk memuncaki grup. Status sebagai juara grup, setidaknya, akan menghindarkan mereka dari juara grup dari grup lain. Hitung-hitungan yang sudah harus dipikirkan sebelum kompetisi dimulai.

PORTUGAL

Status juara bertahan Piala Eropa memberi arti yang besar bagi kesebelasan Portugal. Bukan hanya soal “status” juara itu sendiri, namun juga proses Portugal menjadi juara di Prancis 2016 itu sendiri. Portugal punya pengalaman menghadapi kompetisi jangka pendek.

Mereka tidak selalu tampil oke, bahkan gagal sekalipun menang di babak putaran grup. Pada titik tertentu, Portugal seperti Real Madrid di Liga Champions musim lalu. Keduanya punya satu atribut penting, yaitu sulit dikalahkan. Satu modal penting ketika tim tidak bisa bermain baik.

SPANYOL

Setelah tersingkir sejak fase grup di Piala Dunia 2014, Spanyol tengah berada pada masa revolusi skuat. Beberapa pemain muda dan mereka yang mulai matang mulai unjuk gigi. Mulai dari Alvaro Odriozola, Saul Niguez, Koke, Marco Asensio, serta Isco. Spanyol belum menemukan pijakan yang tepat ketika menghadapi tim besar.

Laju La Furia Roja masih akan mengandalkan sejumlah sosok andalan macam Andres Iniesta, Sergio Ramos, dan dibantu David Silva yang musim ini berevolusi di bawah asuhan Josep Guardiola bersama Manchester City. Ketika skuat asuhan Julen Lopetegui ini menemukan ritme mereka, tim-tim lawan akan kesulitan mengambil kembali inisiatif pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *